Agen pulsa murah kiosreload.com

Inilah Caranya Deteksi Modus Penipuan dengan Cek Nomor Rekening

Inilah Caranya Deteksi Modus Penipuan dengan Cek Nomor Rekening

Baik pak, kirim ke Bank Cermat aja, no rek: 7913-01-000398-509, A/n. Surya Putra”.
Pernahkah Anda menerima pesan singkat seperti di atas? Sms bernada permintaan mengirimkan sejumlah uang ke nomer rekening asing tiba-tiba menyasar ke ponsel, padahal Anda tidak sedang terlibat suatu transaksi. Kalau begitu, sudah bisa dipastikan kalau pesan singkat itu adalah penipuan dan nomer rekeningnya adalah nomer rekening bermasalah yang kerap digunakan untuk tindak kejahatan.
Merebaknya kejahatan dengan melibatkan nomer rekening membuat kecemasan pada masyarakat yang gemar bertransaksi dengan menggunakan rekening bank meningkat. Mereka khawatir akan keamanan transaksi mereka. Hal serupa juga terjadi pada jual beli online.
Para pembeli online takut apakah nomer rekening penjual yang akan mereka kirimi uang bermasalah atau tidak. Oleh karena itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan solusi atas kekhawatiran masyarakat tersebut dengan meluncurkan website cekrekening.id yang akan memeriksa apakah suatu nomer rekening terindikasi tindak kriminal atau tidak.
Selanjutnya, bagaimana cara portal keluaran pemerintah ini bekerja dan apakah cekrekening.id bisa mengurangi tingkat kejahatan siber di Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Pahami Apa itu Cekrekening.id

cekrekeningwebsite cekrekening.id
Cekrekening.id merupakan portal usungan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). Tujuan dari pembuatan website ini adalah untuk membantu masyarakat yang ingin mengecek apakah sebuah nomer rekening bermasalah atau tidak. Singkat kata, lewat cekrekening.id, kita akan mengetahui sebuah rekening terindikasi tindakan kriminal atau tidak.
Daftar gratiis kios pulsa

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Cara menggunakan cekrekening.id sangatlah mudah. Anda tinggal mengakses situsnya, lalu pada halaman muka terdapat dua kolom yang bisa diisi. Isi kolom pertama dengan nama bank yang bersangkutan, kemudian isi kolom di bawahnya dengan nomor rekening yang ingin dicek. Terakhir klik “periksa rekening”.
Tunggu sebentar, website akan menampilkan informasi terkait dengan nomor rekening tersebut. Isinya berupa, apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindak kriminal atau tidak.

Laporkan Jika Terjadi Tindak Kriminal

Fitur lain yang dimiliki oleh cekrekening.id adalah bisa melaporkan nomer rekening yang telah melakukan tindak kejahatan. Misalnya, Anda mempunyai pengalaman pernah tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang ke sebuah nomer rekening, laporkan segera lewat cekrekening.id
Caranya, pada lama utama website tersebut pilih menu laporkan nomer rekening. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data yang tersedia, seperti nomer rekening yang bermasalah, nama pemilik rekening dan kronologi penipuannya.
Selain itu, Anda juga dapat melampirkan bukti kejahatan dalam laporan tersebut dalam bentuk dokumen atau gambar yang dapat diunggah pada laman tersebut.
Untuk memudakan Anda, Kemenkominfo menyediakan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi di nomor (021) 384.5786 dan 0822-1010-1112. Atau, bisa juga menghubungi lewat email di cybercrimes@mail.kominfo.go.id.

Tindak Kejahatan Lain Dengan Nomor Rekening

Penipuan Nomor dengan Rekening
Penggunaaan nomer rekening untuk tindak kejahatan ternyata tidak hanya menyasar penipuan jual beli online atau pengiriman sms acak yang meminta Anda mengirimkan sejumlah uang. Menurut Kemenkominfo dalam situs cekrekening.id, ada beberapa tindak kejahatan yang melibatkan nomor rekening, antara lain:
  1. Penipuan
  2. Investasi Palsu
  3. Narkotika dan Obat Terlarang
  4. Terorisme
  5. Kejahatan lainnya

Tetap Waspada Terhadap Nomer Rekening Apapun

Walaupun tidak ada laporan nomer rekening, yang diperiksa pernah terlibat tindak kriminal, namun Anda tetap harus waspada. Peringatan ini dihimbau langsung oleh Kemenkominfo dalam cekrekening.id. Hal tersebut dilakukan agar kita sebagai masyarakat harus tetap waspada akan potensi tindak kejahatan yang menggunakan nomer rekening.

Tips Mewaspadai Penipuan dengan Nomor Rekening

Karena maraknya tindak kriminal dengan nomor rekening, sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi dalam transaksi online dan transaksi lainnya yang menggunakan nomer rekening. Selain itu, simak juga tips berikut untuk mewaspadai penipuan dengan nomor rekening.
1. Jangan Tergoda dengan Barang Sangat Murah di Internet
Sebagai makhluk ekonomi memang manusia akan mencari harga murah untuk membeli sesuatu. Akan tetapi, awal dari terjeratnya seseorang ke perangkap penipu di ranah jual beli online adalah tergoda dengan harga miring dari barang yang dijual si pelaku.
Contoh barang yang biasanya ditawarkan dengan harga murah adalah gadget, laptop dan kamera digital. Tidak tanggung-tanggung perbedaan harga dengan harga pasar bisa selisih 50%, membuat siapapun yang melihatnya tergoda.
Pulsa terlengkap dan murah
2. Cek Rekam Jejak Si Penjual
Cari tau terlebih dahulu kredibilitas dari penjual barang ataupun toko online yang akan Anda beli barangnya. Caranya adalah dengan mencari tau informasi tentang si penjual di internet, apakah dia pernah melakukan penipuan atau tidak. Toko online yang kredibel biasanya bersih dari testimoni buruk.
Namun, Anda juga jangan mudah termakan juga dengan testimoni-testimoni baik dalam toko online tersebut, bisa jadi itu merupakan salah satu trik penipu untuk menjerat calon korbannya. Testimoni tersebut bisa saja dibuat sendiri oleh jaringan si penjual.
3. Pilih E-commerce Terpercaya untuk Berbelanja Online
Apabila anda sudah keranjingan berbelanja via online, ada baiknya untuk berbelanja di e-commerce yang sudah terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan karena pihak e-commerce akan bertanggung jawab jika barang yang dipesan tidak kunjung tiba.
Selain itu, pedagang-pedagang di e-commerceumumnya sudah terverifikasi oleh si penyedia. Beberapa e-commerce memiliki regulasi untuk menahan dulu uang yang dikirim pembeli sebelum barang dikirim dan sampai ke tujuan. Tentu saja, skema tersebut memberikan keamanan lebih terhadap si pembeli.
4. Cek Nomor Telepon Penjual
Selain mengecek nomer rekening penjual, cek juga nomer telepon penjual. Bagaimana caranya? Mudah, Anda tinggal mengetik nomor telepon tersebut pada laman mesin pencarian di internet. Biasanya, jika nomor tersebut bermasalah, hasil pencarian akan mengait ke suatu berita kriminal.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kata “penipu” di belakang nomer telepon penjual untuk penelusuran lebih mengerucut. Misalnya, ketik “08812999 penipu” pada mesin kolom pencarian.  
5. Simpan Bukti Transaksi
ika sudah terlanjur melakukan transaksi, simpan lah segala macam bukti transaksi Anda dengan penjual. Baik itu bukti transfer di ATM, maupun screenshot percakapan dengan penjual di ponsel. Tindakan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Takut untuk Bertransaksi Online

Walaupun modus penipuan dengan nomor rekening marak, tetapi jangan takut untuk berbelanja via online asal tau bagaimana cara amannya semuanya akan baik-baik saja. Untuk tetap aman, kuncinya adalah waspada dan cek terlebih dahulu sebelum terlibat suatu transaksi. Jangan ceroboh dan terburu-buru dalam melakukan pembayaran via transfer bank.
Tags : Penipuan
0 Komentar untuk "Inilah Caranya Deteksi Modus Penipuan dengan Cek Nomor Rekening"

Back To Top